Beranda DAERAH Tinjau Realisasi RLH di Banjar Seminai Dayun, Dinas PU Siak: Sudah 70...

Tinjau Realisasi RLH di Banjar Seminai Dayun, Dinas PU Siak: Sudah 70 Persen

9
Spread the love

SIAK (Riauterbaru.com) – Pada tahun 2022 ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyalurkan program bantuan Rumah Layak Huni (RLH) untuk masyarakat ekonomi rendah (kurang mampu, red) yang ada di wilayah Kabupaten Siak. Salah satu kampung yang menerima program bantuan RLH tersebut adalah Kampung Banjar Seminai Kecamatan Dayun.

Berdasarkan informasi yang diterima Riauterbaru.com, program bantuan RLH di Kampung Banjar Seminai Dayun itu direalisasikan sebanyak Enam unit untuk Enam kepala keluarga. Sebagaimana dijelaskan oleh Penghulu Kampung Banjar Seminai Hj Siti Aminah, Rabu (05/10/2022) siang.

“Alhamdulillah, pada tahun 2022 ini terealisasi Enam unit RLH untuk masyarakat kurang mampu yang ada di Kampung Banjar Seminai, dan hari ini kegiatan pembangunannya ditinjau oleh tim dari Dinas PU Tarukim Siak,” ujar Hj Siti Aminah.

Dijelaskannya juga, program bantuan RLH di Kampung Banjar Seminai itu terealisasi berkat usulan yang diajukan oleh Pemerintah Kampung (Pemkam) dengan didampingi instansi terkait Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) Kabupaten Siak ke Pemprov Riau pada beberapa waktu lalu.

“Setiap tahun kita mengajukan usulan bantuan RLH ke Pemerintah. Dan usulan yang kita ajukan itu nantinya diverifikasi oleh tim yang menilai tentang layak atau tidaknya nama-nama warga yang kita usulkan itu untuk menerima bantuan RLH. Semoga saja bantuan RLH ini bisa berkelanjutan dari tahun ke tahun,” tutup Hj Siti Aminah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Perumahan dan Pemukiman Dinas PU Tarukim Siak H Khaidir Fitri mengatakan, pada tahun 2022 ini terdapat sebanyak 75 unit RLH yang dibangun/direalisasikan di wilayah Kabupaten Siak.

“Iya, tahun 2022 ini ada 75 unit RLH dibangun di Kabupaten Siak, salah satu kampung penerima bantuan RLH tahun 2022 ini adalah Kampung Banjar Seminai dan Berumbung Baru di Kecamatan Dayun. Bantuan RLH ini disalurkan oleh Pemprov Riau sesuai dengan usulan yang kita ajukan beberapa waktu lalu bersama pihak Pemerintah Kampung setempat,” papar Khaidir Fitri dengan didampingi Kasi Perkim Hendra.

Baca Juga:  JMSI Sumbar Kupas Peluang dan Tantangan Pemilu 2024 melalui Seminar Nasional

Lebih lanjut Khaidir Fitri mengatakan, peninjauan yang dilakukannya tersebut guna memastikan progres pengerjaan RLH menjelang akhir tahun 2022.

“Sesuai fakta di lapangan, pengerjaan RLH untuk di sejumlah kampung sudah mencapai sekitar 70 persen. Kami dari Pemkab Siak (Dinas PU Siak, red) juga akan terus mendukung program bantuan RLH ini untuk masyarakat kurang mampu sesuai dengan usulan yang diajukan oleh masing-masing kampung,” tutupnya.

Laporan: Tok