Beranda SIAK DPRD Siak Akan Panggil PT IKPP Perawang Terkait Air Hitam Busuk Meluap...

DPRD Siak Akan Panggil PT IKPP Perawang Terkait Air Hitam Busuk Meluap Dari Bak Limbah

14
Spread the love

SIAK, RIAUTERBARU.com – DPRD Siak akan tindaklanjuti dan bakal memanggil pihak PT Indah Kiat Perawang terkait meluapnya air berwarna hitam serta berbau busuk yang mengalir deras keluar dari bak lindi (limbah) landfill beberapa waktu lalu.

“Kami sudah dapat informasinya, nanti akan kita tindaklanjuti melalui komisi 3 yang membidangi persoalan ini,” kata Androy Ade Rianda Harahap SH MH CLA¬†selaku Wakil Ketua II DPRD Siak kepada Riauterbaru.com, Rabu (24/08/2022).

Androy menilai, hal ini perlu dilakukan pemanggilan terhadap pihak perusahaan agar ada kejelasan sehingga tidak ada yang menerka-nerka.

“Saya sudah dapat videonya, akan menyampaikan ini ke komisi 3 dan bagian lingkungan Pemkab Siak agar segera turun dan mengecek, jika betul yang keluar dan di laporkan itu limbah berbahaya maka ini perlu ditindaklanjuti dengan serius,” terang Androy.

Masih kata Androy, perlu dipertanyakan penyebab meluap atau melubernya air pada bak lindi landfill PT IKPP Perawang tersebut dan pembahasan terkait peristiwa itu akan disampaikan juga ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

“Apa ada kesengajaan oleh pihak perusahaan atau memang ada kebocoron?, dan harus dilihat juga kemana arah aliran ini pergi,” jelas Androy.

Seperti diketahui, pada 18 Agustus 2022 lalu pasca hujan turun berdurasi 1-2 jam yang mengguyur wilayah Kecamatan Tualang menyebabkan air limbah berbau busuk dan berwana hitam meluap atau meluber mengalir deras dari bak lindi PT IKPP Perawang menuju area sekitar.

Saat kejadian tersebut Dedi Susanto Kepala Bidang Penataan dan Pentaatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Siak membenarkan bahwa ada air berwarna hitam yang meluap atau meluber pada bak limbah (bak lindi) milik PT Indah Kiat Pulp dan Paper Perawang.

Baca Juga:  Babinsa Koramil 04/Perawang Patroli Karhutla di Perawang Barat

“Orang itu (PT IKPP Perawang) kita konfirmasi memang iya kata dia, ini orang itu lagi usaha sampai malam, ini masih ngeringkan itu kata dia,” ungkap Dedi kepada awak media, Kamis (18/08/2022).

Laporan : Ika