Beranda SIAK Caleg Perindo Tualang Diduga Politik Uang Janjikan Sejumlah Kompensasi

Caleg Perindo Tualang Diduga Politik Uang Janjikan Sejumlah Kompensasi

207
0

SIAK, RIAUTERBARU.com – Oknum caleg DPRD Siak dapil Tualang dari partai Perindo diduga melakukan politik uang. Selebaran surat bertuliskan Haposan Sinaga berikut dengan foto menjanjikan pengurangan biaya sewa gedung terhadap relawan yang mampu mengumpulkan sejumlah suara pemilih.

Di surat tersebut tertera bahwa Haposan Sinaga, berjanji akan mengurangi biaya sewa tempat bagi relawan yang ingin melaksanakan pesta di tapian nauli miliknya. Relawan akan mendapatkan subsidi hingga jutaan rupiah.

Tak hanya foto dan bertuliskan Partai Perindo, surat tersebut juga dibubuhkan tanda tangan Haposan Sinaga beserta penasehat dan kuasa hukum.

Hal ini juga dibenarkan oleh Ketua DPD Bapilu Partai Perindo Siak Wahyudi, dirinya membenarkan bahwa dua orang caleg partai perindo Kec Tualang sudah melakukan pelanggaran dengan melakukan politik uang.

“Gambar kertas suara dengan uang senilai 300ribu, serta pembicaraan melalui via WhatsApp dengan pemilih dan pemberi uang, itu juga akan kita jadikan bukti,” terangnya.

Menurutnya juga, Jakop mulia Manurung dan Haposan Sinaga caleg Perindo tersebut jelas telah melanggar peraturan dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta PKPU pasal 72 Poin I dan J.

Ketua DPC Partai Perindo Tualang mengungkapkan kepada awak media bahwa Caleg Jakop Manurung dan Haposan Sinaga Bukan Kader Partai Perindo dan bukan pengurus Partai hanya nompang Caleg mereka masuk menjadi Caleg dengan modal surat pengunduran dari Partai PSI yang mana mereka sudah Bakal Calon PSI duluan, dan setelah menganggap suaranya tinggi dan tidak lagi menhargai pengurus DPC.

Perindo Tualang. Dan mereka telah ada bahasa untuk menyelesaikan urusannya dengan mengurus sendiri tidak melalui Partai Perindo Kab. Siak sepertinya mereka ingin membentuk Partai Perindo Tandingan di Kab. Siak. Dan saya telah membuat laporan kepada Ketua DPD Siak Partai Perindo dan laporan Kepada Ketua DPW. Propinsi Riau ungkap ketua DPC. Tualang.

Baca Juga:  Personel Koramil 04/Perawang Kembali Patroli PPKM Skala Mikro

“Tidak akan ada pembelaan dari partai Perindo, jika ada caleg Perindo membeli suara dari masyarakat, apapun bentuknya. Uang dan sembako atau yang berbau money politik, Program partai Perindo jelas tertera di anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, Ketua DPD partai Perindo telah memberitahukan kepada seluruh caleg di setiap dapil,” pungkasnya.

Caleg haposan melakukan pernyataan tertulis yg mana isi na ada indikasi berbau money politik sesuain dgn pkpu no 15 tahun 2023 pasal 72 dan pasal 75 dgn menggunakan pernyataan bersama dgn tim kampanye dari haposan sinaga. Sementara setelah di konfirmasi dgn pihak dpd, caleg tersebut tidak pernah mendaftarkan diri dan tim kampanye dalam model lampiran kampanye kepada kpu, bawaslu, dan polres yang seharusnya wajib didaftarkan/dilaporkan sesuai PKPU NO 15 TAHUN 2023 PASAL 17.

Caleg tersebut juga tidak melaksanakan kewajibannya dalam melaporkan dana kampanye seperti yang tertera dalam PKPU NO 18 TAHUN 2023 Pasal 35, jadi untuk surat pernyataan yang dibuat oleh caleg tersebut baik partai tingkat kecamatan maupun daerah tidak pernah megetahui maupun memberikan izin terhadap penggunaan lambang dari partai.

Saat dikonfirmasi kepada ketua Panwaslu Kecamatan Tualang Suwito, dirinya mengakui bahwa caleg yang bernama Haposan Sinaga itu khasusnya adalah berbagi sembako sudah ditangani oleh Bawaslu Siak, dan saat ini masih dalam proses.

Laporan : Jhon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.