Beranda SIAK Babinsa Koramil 04/Perawang Surveilence Cegah Penyebaran PMK

Babinsa Koramil 04/Perawang Surveilence Cegah Penyebaran PMK

10
Spread the love

SIAK, RIAUTERBARU.com Memasuki awal tahun, Babinsa Koramil 04/Perawang tetap rutin melaksanakan kegiatan pemantauan dan pengecekan terhadap ternak-ternak warga binaannya.

Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui kesehatan serta mencegah peenyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kali ini Babinsa Koramil 04/Perawang Kodim 0322/Siak Serka A.Pardosi melaksanakan kegiatan surveilence bersama tim unit reaksi cepat (URC) dalam rangka pengendalian dan penanggulangan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Kamis (4/1/2023).

“Tujuan survei ini untuk mengantisipasi apabila ada hewan ternak yang terkena penyakit PMK agar dapat divaksin dan diisolasi agar tidak menular kepada yang lain, sekaligus mensosialisasikan kepada peternak pentingnya vaksin PMK pada ternak memamah biak,” ujar Serka A Pardosi.

Danramil 04/Perawang Kapten Inf MT Lumban Tobing juga menghimbau kepada warga maupun peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya serta mengantisipasi datangnya hewan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau dari daerah lain.

“Jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah) segera melapor,” kata Danramil.

Laporan : Jhon

Baca Juga:  BSP Akui Ada Pipa Bocor Dan Pembekuan, Riky: Kita Ambil Langkah, Angkut Manual