Beranda KESEHATAN 3 Kabupaten di Riau Penyumbang Tertinggi Angka Kematian Covid-19, Rohul Tak Ada...

3 Kabupaten di Riau Penyumbang Tertinggi Angka Kematian Covid-19, Rohul Tak Ada ICU

61
Spread the love

PEKANBARU, RIAUTERBARU.com –┬áSatuan Tugas Covid-19 Provinsi Riau mencatat tiga kabupaten sebagai penyumbang tertinggi persentase angka kematian pasien Covid-19. Ketiga kabupaten tersebut yakni, Kabupaten Indragiri Hilir, Rokan Hulu dan Kabupaten Kampar.

Demikian dikatakan Juru Bicara Covid-19 Riau, dr Indra Yovi kepada wartawan, Senin (31/5/2021) di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi.

Kabupaten Indragiri Hilir dengan persentase angka kematian tertinggi yakni tercatat 4,95 persen, disusul Kabupaten Rokan hulu angka kematian 4,82 persen dan Kabupaten kampar mencapai 4,21 persen kasus kematian akibat Covid-19.

Saat ini angka terkonfirmasi Covid-19 di Riau mencapai lebih 60 ribu kasus, dengan persenetase sembuhan 80,8 persen dan angka kematian 1.561 atau 2,62 persen.

“Angka kematian ini harus diwaspadai karena tiga bulan yang lalu angka kematian masih dibawah 2,5 persen,” kata dr Indra Yovi.
Dia menjelaskan, artinya dari 100 orang yang dirawat atau terkonfirmasi positif Covid-19, lima orang diantaranya meninggal dunia.

Tingginya angka kematian akibat Covid-19 ditiga kabupaten tersebut, dr Indra Yovi mengingatkan agar Pemda setempat menyediakan fasilitas ruang ICU sesuai standar yang telah ditetapkan, terutama di Kabupaten Rokan Hulu.

“Berdasarkan data yang kami peroleh, di Kabupaten Rohul belum memiliki ruang ICU. Jadi catatan untuk Kabupaten Rohul, sesegera mungkin membuat ruang ICU,” ujar dokter spesialis paru itu.

Sehingga, lanjut dia pasien Covid-19 yang berat bisa tertangani dengan maksimal dan dapat menekan angka kematian di kabupaten itu.

Sumber : MCR

Baca Juga:  Di Negara ini Warga yang Mau Divaksin Covid 19 Dapat Hadiah Uang