Beranda NASIONAL Jejak Karir Serda Erwin, Pernah Dikirim ke Sudan, Kini Jadi Babinsa Kodim...

Jejak Karir Serda Erwin, Pernah Dikirim ke Sudan, Kini Jadi Babinsa Kodim 0322/Siak

62
Spread the love

NASIONAL (Riauterbaru.com) – Sudah lebih dari 20 tahun mengabdikan diri sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), Serda Erwin memiliki banyak kenangan dan pengalaman saat mengemban tugas negara.

Pengalaman dan kenangan paling berkesan yang pernah ia lewati adalah saat mendapat tugas negara dalam misi perdamaian dunia di Negara Sudan (negara bagian Afrika Utara).

“Sebagai aparat negara, tentunya kita harus selalu siap ditempatkan dan ditugaskan di mana pun, termasuk di luar negeri. Pada tahun 2017 silam saya bersama beberapa rekan TNI dari Indonesia ditugaskan ke Sudan. Banyak kenangan selama bertugas di sana,” papar Serda Erwin, Sabtu (25/03/2023) sore, saat berbincang-bincang bersama media Riauterbaru.com.

Bertugas selama lebih kurang Satu tahun di Negara Sudan, Serda Erwin sempat merasakan dan menyaksikan manis-getirnya kondisi kehidupan masyarakat di negara bagian Afrika Utara tersebut.

Meski demikian, Serda Erwin mengakui bahwa masyarakat di sana rata-rata hidup dengan kondisi ekonomi yang berkecukupan. Artinya warga Negara Sudan sebagian besar termasuk dalam golongan masyarakat dengan ekonomi menengah ke atas.

“Alhamdulillah, selama menjalankan tugas di Sudan, kami mendapatkan perlakuan yang cukup baik dari masyarakat dan pejabat di sana. Meski demikian, yang namanya kita bertugas di negara luar, tentu kita mesti selalu siap dan waspada,” lanjut Serda Erwin.

Dikatakannya juga, mayoritas penduduk Sudan adalah pemeluk agama Islam, sehingga untuk menjalankan aktivitas ibadah sehari-hari di Sudan, Serda Erwin mengaku tidak mengalami kesulitan, karena di setiap daerah di Sudan juga tersedia banyak Masjid.

“Di Sudan mayoritas penduduknya beragama islam, dan Masjid juga sangat banyak di sana, jadi kami tidak kerepotan saat akan beribadah. Penduduk negara Sudan merupakan ras kulit hitam, namun penduduk di sana sangat ramah dan sopan, apalagi dengan aparat keamanan Tentara Nasional Indonesia (TNI), mereka sangat senang dan ramah,” papar Serda Erwin lagi, mengenang semasa tugas di Sudan.

Baca Juga:  Pemerintah Resmi Larang Masyarakat Mudik Lebaran 2021

Sepulang tugas dari Negara Sudan, Serda Erwin kembali melanjutkan tugas dan karir militernya di Tanah Air, ia ditempatkan di Satuan Kodam I/Bukit Barisan (BB) Medan. Selanjutnya pada sekitar tahun 2020-an ia dipindahtugaskan ke Satuan Komando Resor Militer (Korem) 031/Wira Bima Pekanbaru.

Tak lama bertugas di Korem 031/Wira Bima Pekanbaru, Serda Erwin pindah tugas di wilayah Kabupaten Siak yakni di Satuan Komando Distrik Militer (Kodim) 0322/Siak. Di Kodim 0322/Siak Serda Erwin mendapatkan tugas khusus sebagai personil Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk di sejumlah Kampung yang ada di Kabupaten Siak.

“Saat ini saya bertugas sebagai Babinsa di Kampung Suak Lanjut Kecamatan Siak,” kata Serda Erwin lagi.

Sebelum ditugaskan sebagai Babinsa di Kampung Suak Lanjut, Serda Erwin juga sempat menjadi Babinsa di wilayah Kecamatan Dayun, yakni Babinsa di Kampung Teluk Merbau, Kampung Merangkai, dan Kampung Lubuk Tilan. Selama bertugas di bawah naungan Kodim 0322/Siak ini, Serda Erwin memilih bertempat tinggal (berdomisili, red) di Kampung Banjar Seminai Kecamatan Dayun.

Selama tinggal di Kampung Banjar Seminai Dayun, Serda Erwin dikenal cukup dekat dan akrab dengan seluruh lapisan masyarakat setempat. Bahkan pada setiap kali ada kegiatan-kegiatan sosial maupun hajatan yang digelar oleh warga Kampung Banjar Seminai, Serda Erwin kerap hadir untuk membantu menyumbangkan tenaga dan pikirannya, tanpa mengesampingkan tugas utamanya sebagai Babinsa di Kampung yang lain (Suak Lanjut, red).

Laporan: Tok/Riauterbaru.com