Beranda SIAK Foto Viral Harimau Berkeliaran di Kebun Sawit Siak, BKSDA Riau Tegaskan Hoaks

Foto Viral Harimau Berkeliaran di Kebun Sawit Siak, BKSDA Riau Tegaskan Hoaks

88
Spread the love

PEKANBARU, RIAUTERBARU.com – Sejak kemarin warganet dihebohkan dengan foto kemunculan harimau di perkebunan sawit warga. Foto itu diunggah oleh akun bernama Angeline Kyeorenisa dan viral.

Dalam unggahan itu, disebutkan bahwa harimau tersebut berkeliaran di perkebunan sawit milik warga di Kecamatan Perawang, Kabupaten Siak, Riau.

“Hati-hati mulai sekarang sudah mulai berkeliaran di belang di sekitaran KM 8 Perawang,” tulis akun Angeline Kyeorenisa dalam unggahannya yang disertai tiga foto harimau di perkebunan sawit.
Menanggapi unggahan yang telah membuat masyarakat resah itu, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Riau, memastikan informasi tersebut tidak benar atau hoaks.

Kepala Bidang KSDA Wilayah I, Andri Hansen Siregar mengatakan, dari penelusuran tim ditemukan ada beberapa postingan, dengan foto kemunculan harimau serupa, namun lokasinya berbeda.

“Itu hoax. Sudah kami bahas di internal kami, ada bebearapa informasi yang sama dengan lokasi yang berbeda. Yang sebenarnya terjadi di lokasi lain dan di luar Provinsi Riau,” kata Hansen Sabtu (19/3).

Hansen mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Siak agar tidak termakan isu tersebut. Dia juga mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir karena informasi tersebut tidak benar.

“Mohon juga kepada warganet, agar lebih dulu melakukan klarifikasi kepada BBKSDA Riau, bila ada informasi terkait perjumpaan dengan satwa harimau sumatera, sebelum memposting┬áberita┬ádi media sosial. Agar tidak menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat,” imbaunya.

 

Sumber : Merdeka

Baca Juga:  Koramil 04/Perawang Komsos dengan Warga Kampung Pancasila