Beranda SIAK CSR PT IKPP Gandeng Unilak Latih Bank Sampah di Tualang

CSR PT IKPP Gandeng Unilak Latih Bank Sampah di Tualang

25
0

SIAK, RIAUTERBARU.com – Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan serta menggandeng Bank Sampah Universitas Lancang Kuning (Unilak) Provinsi Riau, PT Indah Kiat Pulp dan Paper Perawang menggelar pelatihan Bank Sampah se-Kecamatan Tualang.

Salah satu tujuan dilakukannya pelatihan itu guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terhadap persoalan sampah. Dihadapan 30 puluhan peserta pelatihan, Direktur Bank Sampah Unilak Prama Widayat SE, MM yang didampingi Wakil Direktur Alexander Yandra S,IP, M,IP menyampaikan bahwa tingginya angka pencemaran lingkungan yang berasal dari limbah rumah tangga menjadikan bank sampah sebagai salah satu solusi untuk mengurangi permasalahan lingkungan saat ini.

“Maka dari itu peran kepedulian baik dari pemerintahan, perusahaan serta elemen masyarakat menjadi sangat penting saat ini,” ungkapnya saat memberikan materi pelatihan di Rumah Pintar Abdul Wahid Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang.

Prama Widayat meminta kepada peserta dapat mengikuti pelatihan dengan serius sehingga materi yang disampaikan dapat menjadi manfaat besar untuk lingkungan sekitar.

“Nantinya para peserta inilah yang akan mensosialisasikan pentingnya pengelolaan sampah di tengah masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu pmpinan PT IKPP Perawang Mill Hasanuddin The melalui Kepala CSR Murseno, SAP menyebut para peserta pelatihan beras dari Kampung (Desa) dan Kelurahan se-ecamatan Tualang. Mereka diberikan materi dan pemahaman dalam mengelola sampah agar lebih bernilai ekonomi dan kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk upaya pihak perusahaan dalam menekan penumpukan sampah.

“Kami berharap peserta pelatihan dapat mengolah dan merubah bentuknya menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis, melalui CSR kami siap memberikan support penuh kepada masyarakat untuk menciptakan trobosan dalam kelestarian lingkungan,” ungkapnya.

Ia mengharapkan dengan pelatihan dapat mengurangi timbulnya sampah rumah tangga dan terciptanya rantai ekonomi industri kecil menengah dari pengolahan sampah, apalagi bahan baku berupa sampah banyak tersedia.

Baca Juga:  Babinsa Koramil 04/Perawang Patroli Karhutla di Kampung Perawang Barat

“Materi yang diberikan narasumber hari ini tentang pemahaman proses pengelolaan sampah sehingga dapat menghasilkan berbagai produk yang bernilai ekonomis,” harapnya.

Selaku Camat Tualang Tengku Indra Putra S.STP, Msi berterimakasih kepada pihak PT IKPP Perawang Mill yang telah menaruh kepedulian yang sangat besar untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membantu masyarakat.

“Semoga kepedulian perusahaan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam meningkatkan ekonomi dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup,” ucapnya.

 

Laporan : Jhon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.