Beranda SIAK Babinsa Koramil 04/Perawang Dampingi Petugas Periksa Sapi Kurban

Babinsa Koramil 04/Perawang Dampingi Petugas Periksa Sapi Kurban

18
Spread the love

SIAK, RIAUTERBARU.com – Untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban dalam menyambut hari raya idul adha, Babinsa Koramil 04/Perawang Jajaran Kodim 0322/Siak Serda Venus mendampingi petugas kesehatan hewan ternak Drh Agung di peternakan sapi Kampung Perawang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau (06/07/2022).

Pemeriksaan kesehatan hewan ternak yang khusus akan di gunakan sebagai hewan kurban pada saat hari raya idul adha bagi umat muslim, harus benar terjaga dan memenuhi syarat sesuai ketentuan dari pemerintah, karena di Indonesia beberapa bulan ini hewan ternak seperti sapi khususnya terjangkit penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang mestinya tidak di perbolehkan untuk di jadikan hewan kurban.

Hewan-hewan yang akan di jadikan kurban tersebut akan terus di tinjau secara konsisten sampai dengan hari pelaksanaan kurban, dan pemeriksaan kesehatan hewan itu selalu di dampingi Babinsa yang bertujuan untuk mendapatkan data tentang hewan ternak yang sakit maupun yang sehat dan dikordinasikan dengan petugas terkait.

Selaku Babinsa kami turun langsung memantau kesehatan sapi milik warga maupun di peternakan yang ada, tujuannya untuk mencegah kemungkinan adanya hewan yang terjangkit virus PMK, ” kata Serda Venus.

Ada tiga lokasi pemeriksaan yang kami datangi. Pertama di Jalan Ceras Gg.Mangga milik pak Ahmad Jabir ada 11 ekor. Dan Kedua Jalan M.Ali Ujung milik Da’i Muktamar dengan jumlah 43 ekor,” jelas Babinsa.

Ditempat lain Danramil 04/Perawang Kapten Inf MT Lumban Tobing mengatakan, bahwa dirinya juga mengintruksikan para Babinsa di jajarannya agar melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Serma Serda Venus, sebagai langkah antisipasi apabila ternak warga yang mengalami PMK agar segera di laporkan dan bisa lebih awal untuk mengatasi pengobatannya.

Baca Juga:  Maling Di Kantornya Sendiri, Pria Ini Ditangkap Polisi Tualang

Danramil juga meminta agar warga segera melaporkan kepada petugas, jika didapati adanya gangguan kesehatan pada hewan ternaknya.

Laporan : Jhon