Beranda SIAK Asap Hitam Pekat Dari Pabrik PT AIP Ancam Keberlangsungan Hidup Warga Setempat

Asap Hitam Pekat Dari Pabrik PT AIP Ancam Keberlangsungan Hidup Warga Setempat

36
Spread the love

PERAWANG, RIAUTERBARU.com – Kepulan asap hitam pekat tampak keluar dari cerobong asap pabrik PT Aneka Inti Persada (PT AIP) yang berada di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Sabtu (25/11/2023).

Pemandangan seram seperti asap kebakaran itu dapat dilihat saat melintas di Jalan Lintas dari Kota Siak menuju Kecamatan Tualang maupun Kota Pekanbaru, saat berada di daerah Bakal Kampung Tualang Timur Kecamatan Tualang, di situ dapat melihat den0pgan jelas asap berwarna hitam pekat keluar dari cerobong Pabrik Kelapa Sawit (PKS).

Menurut informasi yang dihimpun, kepulan asap yang berwarna hitam pekat itu setiap hari keluar dari cerobong pabrik PT AIP.

Berdasarkan keterangan dari warga bahwa abu dari cerobong asap pabrik itu tidak hanya berjatuhan disekitar perumahan karyawan PT AIP, akan tetapi abu tersebut juga sampai hingga ke perkampungan.

Darul Walidi yang dikabarkan sebagai Asisten di perusaan tersebut menjelaskan bahwa asap hitam pekat yang keluar dari cerobong dikarenakan akibat komposisi bahan bakar yang tidak sesuai.

“Asap kita tidak selalu hitam, pas (sewaktu) komposisi bahan bakarnya kurang pas (sesuai) memang kadang hitam,” kata Darul Walidi, Jum’at (24/11/2023).

Warga menilai, asap hitam pekat yang muncul dari pabrik PT AIP seakan menggambarkan betapa tidak perdulinya pihak perusahaan terhadap lingkungan hidup maupun keberlangsungan hidup warga penduduk di sekitar pabrik perusahaan.

“Seharusnya mereka melakukan kajian kalau memang komposisi bahan bakarnya yang tidak sesuai. Kenapa hingga hari ini masih keluar asap hitamnya. Padahal perusahaan sudah bertahun tahun berdiri. Kejadian rutinitas yang dipertontonkan pihak perusahaan menjadi ancaman bagi lingkungan hidup dan keberlangsungan hidup warga di setempat,” ungkap Rahman.

Laporan : Jhon

Baca Juga:  Giat Komsos Babinsa Koramil 04/Perawang Direspon Positif Warga Pinang Sebatang Barat