Beranda ROKAN HULU TP PKK Rohul Apresiasi Desa Bengkolan Salak Gelar Pelatihan Pemberdayaan Kader PKK

TP PKK Rohul Apresiasi Desa Bengkolan Salak Gelar Pelatihan Pemberdayaan Kader PKK

9
Spread the love

ROHUL, RIAUTERBARU.com – Mewakili Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Hj Peni Herawati Sukiman, Wakil Ketua 1 TP PKK Rohul Sri Yulita buka secara resmi Pelatihan Pemberdayaan Kader PKK, Pos Balita, Poslansia dan Pencegahan stunting, Desa Bengkolan Salak, Kecamatan Pendalian IV Koto, di Hotel Netra Ujung Batu, Selasa (7/6/2022)

Dalam kegiatan tersebut, tampak juga dihadiri Plt Camat Pendalian IV Koto Adi Irawan S.STP, Pengurus PKK Kabupaten Nana Sumpena SKM, Plt Ketua PKK Kecamatan Pendalian IV Koto, Pj Kades Bengkolan Salak, Ketua Panitia yang juga Sekdes Bengkolan Salak Agus Hariadi serta Kader PKK Desa Bengkolan Salak.

Wakil Ketua 1 TP PKK Rohul Sri Yulita mengatakan, atas nama TP-PKK Kabupaten Rokan Rulu, menyambut baik dan mengapresiasi pelatihan yang ditaja oleh PKK Desa Desa Bengkolan Salak Kecamatan Pendalian IV Koto.

“Kami berharap peran kader PKK dalam pembangunan tidak boleh diabaikan baik di tingkat nasional, daerah maupun Desa, bahkan bisa dikatakan bahwa kader PKK saat ini merupakan ujung tombak, karena program-program yang menjadi prioritas keluarga akan ditindaklanjuti oleh para kader pkk hingga ke tingkat desa,” harapnya

Istri Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan ini berharap dengan adanya Pelatihan pemberdayaan PKK Desa ini dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan kader pkk dan memberikan kesempatan bagi kader PKK untuk saling berbagi pengalaman.

“Kegiatan apa saja yang bisa dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat terutama melalui peningkatan kapasitas dari masing-masing Kadernya yang semata-mata demi Rokan Hulu maju,” harapnya

Ia juga mengajak Pelatihan ini dapat diikuti dengan antusias dan semangat sehingga materi-materi yang disampaikan dapat diterima dan nantinya bisa diterapkan dalam melaksanakan kegiatan PKK khususnya di Desa Bengkolan Salak.

Baca Juga:  Bupati H Sukiman Bersama Ketua PMI Rohul, Gelar Donor Darah Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Koto Baru

Sementara itu, Pj Kepala Desa Bengkolan Salak Asril melalui Ketua Panitia Pelaksana Agus Hariadi mengatakan tujuan Pemdes Bengkolan Salak menggelar Pelatihan Pemberdayaan Kader PKK, Pos Balita, Pos Lansia dan Pencegahan Stunting untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan dan potensi Kader PKK Desa, dengan harapan terwujudnya keluarga yang sehat dan terpenuhinya gizi keluarga.

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, acara ini langsung dibuka ibuk Wabup (Wakil Ketua 1 TP PKK Rohul-red) beliau tadi berpesan PKK Rohul sangat mengapresiasi kegiatan ini, pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas kader yang ada di Desa Bengkolan Salak terutama dalam pelayanan balita, lansia dan menangani pencegahan stunting,” katanya

Agus Hariadi yang juga Sekdes Bengkolan Salak ini menambahkan, Pelatihan Pemberdayaan Kader PKK ini dilaksanakan dari tanggal 7-8 Juni 2022. Peserta Pelatihan ini diikuti dari kader PKK Desa Bengkolan Salak, Kader Posyandu, Kader Posbindu, Kader Lansia, Bidan Desa, Petugas Puskesmas pendamping Posbindu serta guru PAUD/TK.

ini sudah lama direncanakan, karena Covid-19 sudah mulai berkurang, alhamdulillah hari ini baru bisa kita laksanakan,” jelas Agus

Lanjut Agus Hariadi, Pelatihan Pemberdayaan masyarakat dan Kader PKK, dengan narasumber dari Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial P3A Rokan Hulu dengan materi tentang Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, keluarga dan pencegahan Stunting.

“Kegiatan Pelatihan Kader PKK malam ini masih berlanjut tentang Kesehatan Masyarakat dan pencegahan stunting sebagai narasumber Kabid Kesmas Dinkes Rohul Pak Nana Sumpena SKM. Kemudian pagi besoknya dilanjutkan materi tentang perlindungan anak dan perempuan serta keluarga oleh Sekretaris Dinsos P3A Rohul Apri Liyadi,” jelas Agus

Yang berorientasi secara berjenjang dengan sasaran para kader PKK Desa Bengkolan Salak dalam peningkatan ketahanan keluarga melalui Pos Balita dan Pos Lansia dengan mengedepankan derajat kesehatan keluarga untuk  mencegah Stunting.

Baca Juga:  Bupati Rohul H Sukiman Bantu Pembangunan Masjid Muqorrobin Kepenuhan Hulu 50 juta

Sumber : Muliarjo