Beranda SIAK Sekda Siak Bangga Dengan MTQ Kecamatan Tualang

Sekda Siak Bangga Dengan MTQ Kecamatan Tualang

7
Spread the love

TUALANG (Infosiak.com) – Acara penutupan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-XXI Tingkat Kecamatan Tualang dihadiri dan ditutup oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Drs H Arfan Usman, S.Pd, Rabu malam (22/06/2022).

Sebelumnya pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Tualang tahun ini dibuka oleh Wakil Bupat Siak Husni Mirza, BBA, MM. Berdasarkan penyampaian dari Sekda Siak Arfan Usman, Bupati maupun Wakil Bupati Siak tidak dapat hadir pada acara penutupan dikarenakan sedang dalam perjalanan dinas.

“Izinkan kami menyampaikan salam dan permintaan ma’af dari bapak bupati yang saat ini sedang dalam perjalanan dinas ke pulau jawa dan juga bapak wabup beliau melaksanakan tugas di siak, namun demikian beliau meminta kami untuk dapat mewakili, semoga tidak mengurangi makna acara kita pada malam hari ini,” kata Arfan Usman dalam sambutannya.

Lanjut Arfan, kemegahan serta kesuksesan MTQ di Kecamatan Tualang merupakan suatu bukti kerjasama yang baik, saling membantu serta masyarakat Kecamatan Tualang yang islami dan agamis.

“Karena MTQ Tingkat Kampung saya hadir mewakili bapak bupati di Kampung Tualang dan Kampung Perawang Barat. Dalam pembukaan MTQ tingkat kampung itu kami merasakan dan menyampaikan rasa bangga karena di tingkat kampung itu sama dengan MTQ level atau tingkat kecamatan, layaknya MTQ tingkat kecamatan malam ini sama dengan MTQ tingkat kabupaten, ini kerja keras panitia, camat dan jajarannya,” ungkap Arfan Usman.

Ia berpesan agar MTQ tidak hanya berlangsung seceremonial saja tetapi bermakna dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup yang dimaknai dengan perbuatan nyata.

“Bagi pemenang jadikan momen ini sebagai bentuk rasa terimakasih kita kepada yang mendidik kita, bagi yang belum berhasil anggap ini adalah kemengan yang tertunda, teruslah berlatih dan belajar seni Al-Qur’an,” sebut Arfan Usman.

Baca Juga:  DPC Gerindra Siak Usulkan Pasangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 Mendatang

Camat Tualang Tengku Indraputra, S.STP, M.Si menyampaikan rasa syukur atas pelaksaan MTQ ke-XXI Tingkat Kecamatan Tualang di Kampung Pinang Sebatang Timur yang berjalan dengan aman dan sukses.

“MTQ ini merupakan salah satu wahana untuk membangun dan menumbuh kembangangkan semangat dalam membumikan, menghayati isi kandungan Al-Qur’an,” ucap Tengku Indrapura.

Lanjutnya, setelah pergelaran MTQ tingkat kecamata itu para Qori maupun Qoriah akan diberikan pembekalan untuk persiapan MTQ tingkat Kabupaten.

“Mudah-mudahan prestasi MTQ Kecamatan Tualang ini disertai dengan prestasi-prestasi qori-qoriah. Nanti sesudah ini kita akan memberikan bekal kepada qori dan qoriah kita untuk berlaga tingkat kabupaten siak, mudah-mudahan yang tahun lalu juara empat, kita bertekad kita berazam untuk tahun ini minimal naik satu tingkat,” harap Tengku Indraputra.

Pada MTQ ke-XXI Tingkat Kecamatan Tualang di Kampung Pinang Sebatang Timur, Kelurahan Perawang menduduki Juara Umum dengan jumlah 81, Kampung Tualang menduduki Juara II dengan jumlah 70, Kampung Pinang Sebatang Timur dan Tualang Timur menduduki Juara III dengan jumlah yang sama yakni 49.

Laporan : Rahman