Beranda BENGKALIS Penerapan Program Unggulan Bupati Bengkalis, Nikah terpadu 2022

Penerapan Program Unggulan Bupati Bengkalis, Nikah terpadu 2022

9
Spread the love

BENGKALIS, RIAUTERBARU.com – Penerapan program unggulan Bupati Bengkalis, melalui peningkatan kualitas layanan sistim kependudukan berbasis mobile. Bupati Bengkalis Kasmarni, secara resmi membuka pelaksanaan sidang isbat nikah terpadu tahun 2022.

Kegiatan ini berada di aula kantor Camat Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Kamis ( 8/12/2022).

Kata sambutan Bupati Bengkalis Kasmarni, mengapresiasi Dinas Kependudukkan dan Pencatatan sipil Kabupaten Bengkalis. Bersinergi dengan Pengadilan Agama Bengkalis dan kantor kementerian Agama Kabupaten Bengkalis, telah melaksanakan sidang isbat nikah terpadu di Kecamatan Bathon solapan( batsol).

Kepentingan pencatatan dan penerbitan akta nikah bagi pasangan suami istri yang beragama islam.

Ia menyampaikan, pemerintah daerah (pemda) dalam penerapan salah satu dari delapan program unggulan, kualitas pelayanan sistim kependudukkan berbasis mobile, penduduk dengan mudah dan cepat mendapatkan dokumen kependudukkan berkualitas.

Sidang isbat nikah terpadu merupakan bukti nyata kehadiran, komitmen pemda bersama pengadilan agama kabupaten bengkalis dalam membantu masyarakat mendapatkan layanan hukum.

Ia menjelaskan, kegiatan isbat nikah terpadu, pasangan yang telah dikabulkan permohonan isbat nikahnya akan mendapatkan dokumenĀ  pengesahan nikah dari pengadilan agama, akta nikah dari kantor urusan agama dan dokumen kependudukan, berupa Kartu Keluarga (KK) dan KTP status kawin tercatat diterbitkan Disdukcapil Bengkalis.

Ia berpesan, Kepada seluruh masyarakat supaya tertib dan taat hukum dalam melaksanakan perkawinan. Sehingga takada lagi pasangan suami istri yang pernikahannya tidak tercatat.

Bagi yang sudah terlanjur menempuh perkawinan secara tidak tercatat, segera mengikuti isbat nikah dipengadilan agama, supaya ditetapkan status nikahnya secara hukum.

Isbat nikah tersebut dihadiri oleh kepala pengadilan agama bengkalis Rahmatullah Ramadan, Kadis kependudukkan dan pencatatan sipil kabupaten bengkalis H.Ismail, senumlah kadisdilingkungan pemerintah kabupaten bengkalis , camat batsol Muhammad Rusydy, Camat Mandau Riki Rihardi, insan pers, dan tanu u dangan lainnya.

Baca Juga:  Ikuti Apel Operasi Patuh Lancang Kuning, Bupati Bengkalis Imbau Masyarakat Patuhi Aturan Lalu Lintas

Laporan : Simon