Beranda SIAK Pemrov Riau Secara Terpadu Gelar Pasar Murah di Kecamatan Tualang

Pemrov Riau Secara Terpadu Gelar Pasar Murah di Kecamatan Tualang

33
Spread the love

SIAK, RIAUTERBARU.com – Pemerintah Provinsi Riau secara terpadu menggelar operasi pasar (pasar murah)  di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Rabu (28/12/2022).

Ditemui usai kegiatan, Suryati Nengsih, SE, M.Si selaku Sub Koordinator Perdagangan Dalam Negeri menyampaikan bahwa kegiatan pasar murah tersebut dilaksanakan terpadu sesuai arahan dari Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si.

“Kita terpadu sesuai arahan dari pak gubernur, ada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Dinas Peternakan dan Dinas Perikanan. Ini sudah dilaksanakan diseluruh Kabupaten/Kota,” terang Suryati Nengsih.

Lanjutnya, Disperindagkop dan UKM menyediakan beras, minyak goreng, tepung dan gula. Dinas Peternakan menyediakan telor, Dinas Pangan sediakan cabe merah keriting, beras lokal atau beras Riau,

“Kalau Dinas Perikanan (Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau,red) menyediakan produk ikan, kebetulan ikan segarnya sedang tidak ada jadi yang ada ikan olahan. Disperindag sediakan Gula 1 ton, minyak goreng 1.200 pcs, beras 2 ton, tepung terigu 120 pcs. Tepung terigu segitiga biru kita jual Rp 12.000 kalau dipasaran sekitar Rp 14.000. Minyak goreng Rp 12.500 per liter kalau dipasaran itu HET (Harga Eceran Tertinggi) itu Rp 14.000. Gula kita gula rose band jual Rp 12.500 kalau dipasaran sekitar Rp 14 hingga Rp 15.000. Beras ada dua jenis, kalau belida kita jual Rp 125.000 dipasaran berkisar Rp 135 hingga Rp 140.000. Beras topi koki kita jual Rp 112.000 dipasaran berkisar 117 sampai Rp 125.000, perkarungnya berasnya itu 10 Kg,” jelas Suryati.

Salah seorang warga yang datang membeli beberapa kebutuhan pokok mengatakan merasa terbantu dengan adanya pasar murah tersebut.

“Beras Belida 10 Kg ini Rp 125 ribu kalau biasanya Rp 135 dan minyak goreng ini Rp 12.500 biasanya kami beli per 2 liter ada yang (harga) Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu. Inikan sesekali seperti ini, kalau bisa rutin dan banyakkan stoknya, membantu walaupun antriannya panjang,” ungkap Dewi (49) warga Kampung Perawang Barat Kecamatan Tualang.

Baca Juga:  Lolos Menjadi SMK Pusat Unggulan, SMKN 1 Tualang Sukses Gelar Panen Karya P5

Sementara itu Bupati Siak Drs. H Alfedri mengatakan bahwa Pemkab Siak juga telah melaksanakan pasar murah di beberapa Kecamatan.

“Inikan Disperindag Provinsi Riau yang melaksanakan, kita (Pemkab Siak) juga melakukan operasi pasar dibeberapa titik di lima kecamatan, itu kita bahan-bahannya ada yang kita ambil dari petani sendiri, seperti beras itu kita ambil dari petani kita di Bunga Raya. Ini tentunya untuk menekan inflasi serta menyediakan sembako murah bagi masyarakat,” kata Alfedri.

Dari informasi yang dihimpun, hari ini Gubernur Riau Drs. H Syamsuar, M.Si meninjau kegiatan pasar murah serta meresmikan penggunaan Ruas Jalan Lintas PT Sawit Inti Rakyat (SIR) yang menghubungkan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak.

Laporan : Ika