Beranda SIAK Disanggah LSM, Bupati Alfedri tak Berani Lantik Pejabat Hasil Assesment Test 2023?

Disanggah LSM, Bupati Alfedri tak Berani Lantik Pejabat Hasil Assesment Test 2023?

38
Spread the love

SIAK (Riauterbaru.com) – Pada beberapa waktu lalu, Panitia Seleksi (Pansel) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Siak Provinsi Riau, telah mengumumkan nama-nama pejabat/ASN yang dinyatakan lulus seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) tahun 2023.

Dilakukannya seleksi JPTP tahun 2023 itu berkenaan dengan adanya sejumlah jabatan (pimpinan OPD, red) yang saat ini sedang kosong dan hanya dijabat oleh Plt. Dengan telah dilakukannya seleksi JPTP itu diharapkan akan menghasilkan sosok pejabat yang profesional dan kompeten di bidangnya guna mengisi jabatan yang tengah kosong tersebut.

Namun, sudah berjalan sekitar Satu bulan pasca diumumkannya nama-nama pejabat yang lulus seleksi JPTP tahun 2023 itu, hingga hari ini tak kunjung dilakukan pelantikan oleh Bupati Siak H Alfedri M.Si terhadap mereka yang dinyatakan lulus seleksi. Ada apa ini?.

Guna mendapatkan informasi dan memastikan penyebab tak kunjung dilantiknya para ASN yang telah lulus seleksi JPTP tahun 2023 itu, Infosiak.com mencoba mengkonfirmasi Bupati Siak H Alfedri M.Si melalui pesan Whatsapp untuk dimintai penjelasan/tanggapan. Namun hingga berita ini dirilis, yang bersangkutan tak kunjung memberikan jawaban.

Berdasarkan informasi yang sempat beredar dan berkembang di masyarakat, konon penyebab tak kunjung dilakukannya pelantikan terhadap para ASN/pejabat yang telah lulus seleksi JPTP tahun 2023 itu dikarenakan adanya sanggahan/keberatan yang dilayangkan oleh salah satu LSM ke pihak Pemkab Siak, yang selanjutnya sanggahan tersebut sampai ke pihak Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), namun informasi yang beredar tersebut masih simpang-siur (belum pasti kebenarannya, red).

Terkait tak kunjung dilakukannya pelantikan terhadap sejumlah ASN yang telah lulus seleksi JPTP tahun 2023 itu, sejumlah element masyarakat Kabupaten Siak menyampaikan tanggapannya dan menilai seolah respon Bupati Siak terkesan lelet/lambat dalam menyikapi serta mengambil kebijakan terkait adanya isu sanggahan tersebut.

Baca Juga:  Giat Komsos Babinsa Koramil 04/Perawang Direspon Positif Warga Tualang

“Kemarin sudah diumumkan nama-nama ASN yang lolos Tiga besar calon pimpinan tinggi pratama oleh Pansel, tapi sejauh ini belum ada kabar dilakukannya pelantikan terhadap mereka. Kalaupun ada kendala sebagaimana isu-isu yang beredar, semestinya Kepala Daerah segera mencarikan solusi (penyelesaian, red) terhadap kendala yang terjadi. Jangan malah dibiarkan berlarut-larut sehingga menimbulkan tanda tanya, intinya mesti gerak cepat dan jangan terkesan lelet,” ujar warga Siak itu, Sabtu (26/08/2023) siang, kepada Infosiak.com.

Sementara itu, di tempat terpisah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak Indra Gunawan SE, saat dimintai tanggapan terkait tak kunjung dilakukannya pelantikan terhadap sejumlah ASN yang lulus seleksi JPTP tahun 2023 di lingkungan Pemkab Siak itu, dirinya menyebutkan bahwasanya sejauh ini belum mendapatkan informasi pasti terkait kendala-kendala yang terjadi.

“Belum lama ini saya sempat baca ada statemen dari Sekda bahwasanya ada LSM yang menyanggah ke KASN Pusat, maka tertunda rencana/jadwal pelantikannya. Namun terkait masalah sanggahan di KASN itu menyangkut hal-hal apa saja, kita belum tau pasti informasinya. Kita berharap semoga kendala-kendala itu bisa segera terselesaikan dengan baik, dan tidak berlarut-larut,” jelas Ketua Indra Gunawan.

Menyinggung soal kabar/isu adanya sanggahan di KASN tersebut, jika pada prosesnya sudah dilakukan secara benar oleh Pemkab Siak, tentunya hal itu tidak akan menimbulkan masalah yang berlarut-larut, dan Bupati selaku Kepala Daerah juga semestinya segera memberikan respon dan klarifikasi ke KASN atas apa yang disanggahkan oleh pihak-pihak penyanggah.

Berikut nama-nama ASN calon Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Siak yang lulus seleksi tiga besar berdasarkan pengumuman Pansel Nomor: 24/PANSEL-JPTP/VII/2023).

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan;
1. Ahmad Yani.
2. Ahzan Usman.
3. Kaharuddin.

Baca Juga:  Kesadaran Prokes Siak Menurun, Antara Ketegasan Satgas Covid-19 Dan Perilaku Masyarakat

Kepala Dinas Kesehatan;
1. dr Benny Chairuddin.
2. dr Hartini.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip;
1. Dicky Sofyan.
2. Riduan.
3. Salmiah Safitri.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi;
1. Amin Soimin.
2. Ahzan Usman.
3. Syaifullah.

Kepala Badan Kesbangpol;
1. Nofitrizal.
2. Rozi Chandra.
3. Syamsurizal.

Staf Ahli Bupati;
1. Amin Soimin.
2. Dicky Sofyan.
3. Fauzi Asni.

Asisten Administrasi Umum;
1. Fauzi Asni.
2. Muhammad Thoha.
3. Rozi Chandra.

Laporan: Riauterbaru
Sumber: Infosiak.com