Beranda SIAK Cegah PMK, Babinsa Koramil 04/Perawang Dampingi Vaksin Hewan Ternak

Cegah PMK, Babinsa Koramil 04/Perawang Dampingi Vaksin Hewan Ternak

21
Spread the love

SIAK, RIAUTERBARU.com – Pemerintah tengah gencar memberantas adanya wabah virus akut penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang tersebar di berbagai daerah. Penyakit mulut dan kuku (PMK) tergolong penyakit menular yang rentan menyerang pada hewan berkuku belah/genap seperti halnya sapi.

Untuk mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kaki (PMK) diwilayah binaan Babinsa Koramil 04/Perawang Sertu Alexander Sigalingging melaksanakan pendampingan Vaksinasi hewan ternak sapi oleh tim Dinas Peternakan dan Perikanaan UPTD Pusat Kesehatan Hewan Wilayah II Kabupaten Siak di RT 001/ RK 002 Dusun 1 Pertiwi Kampung Pinang Sebatang Timur

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Koramil 04/Perawang Sertu Alexander Sigalingging turut serta melakukan pengecekan tempat dimana wilayah terdapat hewan ternak, Rabu (30/6/2022).

Kegiatan itu juga dilakukan vaksinasi Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, bersama tim vaksinasi dari Puskeswan wilayah II, Dinas Perikanan dan Peternakan Siak serta tim vaksinasi.

Ketua Vaksinasi, drh Moch Bale Agung didampingi tm vaksinasi Puskeswan wilayah II, Dinas Perikanan dan Peternakan Siak mengatakan kunjungannya untuk mencegah wabah PMK di Kecamatan Tualang.

“Hal ini dilakukan dalam mencegah terjadinya wabah PMK di Kecamatan Tualang Khususnya di Kampung Pinang Sebatang Timur. Ada di dua tempat dengan jumlah 100 ekor sapi yang dilakukan vaksinasi,” kata Ketua Vaksinasi drh Moch Bale Agung.

Di tempat yang sama Babinsa Koramil 04/Perawang Sertu Alexander Sigalingging menambahkan bahwa TNI selalu siap membantu pemerintah dalam mencegah dan menangani penyebaran virus PMK di wilayah binaan.

“Kami juga menghimbau kepada warga yang memiliki ternak sapi untuk rutin membersihkan lingkungan kandangnya, dan apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK, segera laporkan, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan lain,” pungkas Babinsa.

Baca Juga:  Perbaiki Jalan Berlubang, DPD II IPK Siak Berkolaborasi Dengan Karang Taruna Tabur Batu Dan Pasir

Laporan : Jhon