Beranda SIAK Cegah Karhutla, Bhabinkamtibmas Polsek Tualang Patroli di Maredan

Cegah Karhutla, Bhabinkamtibmas Polsek Tualang Patroli di Maredan

8
Spread the love

SIAK, RIAUTERBARU.com – Memasuki musim kemarau dan memgamtisipasi terjadinya karlahut kebakaran hutan dan lahan, AIPDA Gelora Hutasoit Bhabinkamtibmas Kampung Maredan bersama warga pada Senin(25/07/2022) melakukan Patroli di wilayah Kampung Maredan Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak.

Rendahnya curah hujan dan panjangnya musim kemarau menjadi salah satu penyebab Karhutla salah satu penyebab dari faktor alam dan begitu juga faktor Manusia baik disengaja maupun tidak disengaja, oleh karena itu Bhabinkamtibmas memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan bila membuka lahan.

Pembukaan lahan dengan cara membakar memang menjadi cara mudah dan murah bagi sebagian oknum untuk membuka lahan pertanian, tanpa memikir dampak bahaya kebakaran bagi lingkungan dan kesehatan warga yang terkena asap dari pembakaran.

”Tak dapat dipungkiri, jalan pintas tersebut banyak diambil karena minimnya peralatan dan teknologi dalam membuka lahan yang aman serta kurangnya pemahaman mengenai dampak bagi lingkungan. Naasnya, bahaya kebakaran makin meningkat apalagi disaat kemarau panjang,” ungkap AKP Alvin Agung Wibawa S.I.K kepada awak media.

Dampak lain yang menyertai Karhutla adalah, penyebaran Kabut asap yang dapat mengancam kesehatan masyarakat. Berbagai penyakit dapat ditimbulkan oleh asap dan berbagai penyakit bisa timbul seperti tenggorokan, asma, pilek dan mata merah,” ungkapnya.

Kapolsek Tualang AKP Alvin Agung Wibawa S.I.K sejatinya penanggulangan Karhutla merupakan tanggung jawab kita bersama demi perbaikan kualitas udara serta menjaga keberlangsungan alam Indonesia,” terangnya.

”Kami menghimbau kepada semua warga Kampung Maredan, agar jangan membakar lahan, jangan buang puntung rokok sembarangan,” pesan Kapolsek Tualang.

Laporan : Jhon

Baca Juga:  DPC Gerindra Siak Ganti Pengurus, Adi Taviv : Tidak Satupun Aset yang Diserahkan