Beranda SIAK Babinsa Koramil 04/Perawang Kembali Patroli Karhutla

Babinsa Koramil 04/Perawang Kembali Patroli Karhutla

9
Spread the love

SIAK, RIAUTERBARU.com – Koramil 04/Perawang kembali mendatangi warga masyarakat. Hal ini dilakukan dalam rangka sama-sama untuk menjaga lingkungan dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi dan patroli karhutla.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (2/7/2022) Babinsa Koramil 04/Perawang yang  dipimpin oleh Koptu Togi Sitorus ini sendiri bertujuan untuk mengantisipasi munculnya musibah kebakaran lahan dan hutan yang ada di wilayah Koramil 04/Perawang khususnya di Kampung Tualang Timur.

Hal ini disebabkan disaat kemarau berkepanjangan sering terjadi memicu terjadinya kebakaran lahan baik itu karena unsur kesengajaan ataupun tidak yang kerap melanda sejumlah daerah.

Danramil 04/Perawang Kapten Inf MT Lumban Tobig mengatakan, patroli pemantauan terhadap gejala dan sumber terjadi kebakaran merupakan upaya penanganan kebakaran secara dini dan terbukti dapat meminimalisir terjadinya bencana Karhutla.

“Kegiatan Patroli merupakan penanganan secara dini terhadap bencana Karhutla, yaitu dengan melakukan pengecekan di tempat-tempat yang berpotensi terjadinya kebakaran, dan memastikan lumbung persediaan air serta sekat kanal dalam keadaan baik dan aman,” ungkapnya.

Tambahnya lagi, selain melakukan patroli pemantauan, sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla juga terus ditingkatkan, karena Karhutla banyak menimbulkan efek negatif kepada masyarakat.

” Untuk itu masyarakat diminta agar tidak melakukan pembakaran secara sembarangan, baik itu sampah pekarangan maupun cara membuka lahan perkebunan dengan membakar,” terangnya lagi.

“Dengan adanya Patroli Karhutla masyarakat mengerti pentingnya efek, dan kesadaran masyarakat cara membuka lahan,” tutup Danramil

Laporan : Jhon

Baca Juga:  Personel Koramil 04/Perawang Kembali Patroli PPKM Skala Mikro