Beranda ROKAN HULU Turunkan Angka Stunting, Bupati Sukiman Terima DAK dari BKKBN Perwakilan Riau Rp5,9...

Turunkan Angka Stunting, Bupati Sukiman Terima DAK dari BKKBN Perwakilan Riau Rp5,9 M

12
0

ROHUL (Riauterbaru.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) menerima rincian anggaran dan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK), Petunjuk Teknis BOKB dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) perwakilan Provinsi Riau senilai Rp5.975.320.000.

Bantuan DAK ini diserahkan langsung Kepala BKKBN perwakilan Riau Dra. Mardalena Wati Yulia M.Si yang diterima langsung Bupati Rohul H. Sukiman didampingi Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si dan Kepala Bappeda Rohul Drs Yusmar M.Si, di aula Rumdis Bupati, Senin (27/3/2023).

Bupati Rohul H. Sukiman bersyukur Pemkab Rohul mendapat DAK senilai 5,9 M, ini merupakan alokasi Pemerintah Pusat melalui BKKBN untuk mendukung pelaksanaan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), khususnya upaya Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Rokan Hulu.

“Alhamdulillah Rohul dapat bantuan DAK dari BKKBN senilai 5,9 Miliar, ada Juknis untuk pelaksanaan pelaksanaan DAK tersebut. Saya minta pergunakan anggaran ini sesuai dengan Juknis yang telah ditetapkan, seperti 927 Tim Pendamping Keluarga (TPK), Kader pelayanan desa dan lainnya, dengan harapan angka prevalensi Stunting di Rohul bisa menurun,” harapnya

Sementara itu, Kepala BKKBN perwakilan Provinsi Riau Drs. Mardalena Wati Yulia M.Si mengatakan Pemkab Rohul mendapat DAK Sub Bidang KB sebesar 5,9 Miliar dapat dipergunakan untuk membantu Pelaksanaan Program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana) serta Percepatan Penurunan Stunting.

Karena berdasarkan hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2022 Rohul masih cukup tinggi stunting di Kabupaten/Kota di Riau, tertinggi sekarang itu Inhil dan Siak,” jelasnya

Lanjut Kepala BKKBN Riau, Sub Bidang KB merupakan anggaran yang dialokasikan ke daerah untuk membiayai operasional kegiatan program prioritas nasional dalam pelaksanaan urusan pengendalian penduduk dan keluarga berencana yang menjadi urusan daerah termasuk percepatan penurunan stunting.

Baca Juga:  AWI Rohul Peringati Hari Pers Nasional Ke75 di Parapat Danau Toba

“Tapi Insyaallah dari Raker TPPS Rohul terkait data Master Ansit, yang langsung dipimpin oleh Pak Bupati, Saya yakin ini akan membuahkan hasil yang diinginkan, karena komitmen semua Tim tadi bersama-sama dalam rangka percepatan berkolaborasi dan bersinergi dan insyaallah ini target 14 persen 2024 bisa diwujudkan,” katanya.

(MC/Kominfo/Hen/muliarjo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.