Beranda BENGKALIS Kasmarni Buka Musrenbang Pinggir Fokus Pembangunan

Kasmarni Buka Musrenbang Pinggir Fokus Pembangunan

5
Spread the love

BENGKALIS, RIAUTERBARU.com РBupati Bengkalis Kasmarni secara  resmi membukaMusyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Pinggir tahun 2023. Acara ini dilaksanakan pada hari Senin (6/2/2023). Bertempat di Aula Pertemuan Kantor Camat Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

Kasmarni dalam pidatonya,  menyampaikan sejumah hal utama yang menjadi perhatian dimasa kepemimpinan KBS (Kasmarni РBagus Santoso), sesuai dengan arah kebijakan pembangunan tahunan Kabupaten Bengkalis tahun 2024.

Pertama : Salah satu prioritasnya adalah mengembangkan lokus pembangunan kawasan, Kecamatan Pinggir sebagai salah satu kluster pembangunan kawasan industri dan perdagangan.

Ia meminta, Buatkan rumusan usulan program dan kegiatan yang lebih spesifik pada sektor industri, perdagangan, usaha kecil dan mikro berbasis potensi lokal, termasuk infrastruktur pendukungnya. Sehingga subtansi pembangunan kedepan lebih berorientasi pada prioritas daerah. Benar-benar berangkat dari usulan kebutuhan masyarakat desa, kelurahan. Agar manisfestasi kemajuan dan kesejahteraan dapat kita wujudkan bersama-sama.

Kedua berkenaan peningkatan infrastruktur di Kecamatan Pinggir, bahwa pada APBD tahun 2023, Kecamatan Pinggir telah mendapatkan alokasi anggaran yang diperuntukan untuk beberapa kegiatan antara lain: Peningkatan Jalan Lingkar Barat (Duri) 65 milyar rupiah, Peningkatan Jalan Gajahan Pinggir 10 milyar rupiah, Peningkatan Jalan Penghubung Desa Sei.Meranti menuju Desa Pangkalan Libut 9 milyar rupiah, Peningkatan Jalan Batin Tarak Desa Muara Basung 8 milyar rupiah. Kegiatan-kegiatan lainnya pada sektor perumahan dan pemukiman, pendidikan, kesehatan, pertanian, perhubungan, kependudukan, perdagangan dan perindustrian, serta ketenagakerjaan, sektor lainnya.

Ia berharap, Kepada seluruh Perangkat Daerah, kembali saya ingatkan, kiranya dapat mensinergikan usulan desa dan kelurahan di kecamatan pinggir ini. Supaya menjadi bagian dari rencana kerja perangkat daerah sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Pelajari dan pahami serta pertajamkan rumusan program dan kegiatannya dengan tetap mengedepankan azas efektifitas, efesiensi serta pertimbangan kemampuan keuangan daerah.

Baca Juga:  Adi Putra Terpilih Jadi Ketua PWI Bengkalis

Ketiga terkait beberapa program prioritas daerah, yang terintegrasi dengan program nasional yang harus tetap ditindak lanjuti oleh Perangkat Daerah, Kecamatan, Kelurahan dan Desa, diantaranya, penanganan stunting, pencegahan kemiskinan ekstrim dan dampak inflasi.

Ia mengucapkan, Alhamdulillah, sejak tahun 2021 hingga 2022 kita telah berhasil melakukan prevalensi stunting dari 21,9% menjadi 8,4% atau penurunan sebesar 13,5%. Sungguh prestasi yang sangat luar biasa, dan telah menempatkan Kabupaten Bengkalis menjadi kabupaten dengan angka prevalensi stunting paling rendah di Provinsi Riau.

Ia menjelaskan, Tingkat kemiskinan kita masih berkisar pada angka 3,19%, sedangkan target pengurangan kemiskinan harus 0% pada tahun 2024 ini. Mari bersinergi mengurangi beban masyarakat terdampak meningkatnya inflasi daerah, berbagai kegiatan, terobosan serta inovasi, termasuk melalui bantuan-bantuan stimulan. Program unggulan daerah selaras dengan target penuntasan kemiskinan ekstrim diKabupaten Bengkalis.

Musrenbang Kecamatan Pinggir dihadiri Anggota DPRD Bengkalis Al Azmi, Adihan, Laurensius Sitorus, Sugianto, Kapolsek Pinggir Nasrul, Danramil Mandau Jemi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat Andris Wasono, Kaban Bappeda Rinto serta Camat Pinggir Zama Rico Dakanahay. Sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama diLingkup Pemkab.Bengkalis, Kepala Desa, Kepala BPD se-Kecamatan Pinggir serta undangan lainnya.

Laporan : Simon