Beranda ROKAN HULU Bupati H. Sukiman Resmikan Gedung Fasilitas Perpustakaan Rohul

Bupati H. Sukiman Resmikan Gedung Fasilitas Perpustakaan Rohul

15
Spread the love

ROHUL (Riauterbaru.com) – Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Kabupaten Rokan Hulu yang megah dan representatif yang dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2022 telah diresmikan, Kamis (16/03/2023).

Peresmian Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Kabupaten Rokan Hulu ini ditandai dengan Pengguntingan pita dan Penandatanganan Prasasti oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando bersama Bupati Rohul H. Sukiman,

Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional RI Dra. Sri Sumikar, M.Si, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM. Selain itu, turut juga dihadiri Anggota Dewan Perpustakaan Provinsi Riau Drs Muhammad Tawwaf, S.Ip. M.Si

Jajaran Forkopimda Rohul, Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, Para Camat se Kabupaten Rokan Hulu, Para Rektor Universitas se Kabupaten Rokan Hulu, Pimpinan Bank, Kepala Sekolah dan Mahasiswa.

Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan atas nama pribadi, masyarakat dan Pemkab Rohul mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Kepala Perpustakaan Nasional RI di Kabupaten Rohul Negeri Seribu Suluk. Ini merupakan anugerah bagi masyarakat Rohul terutama dalam hal pengembangan pelayanan Perpustakaan nantinya.

Kami juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden RI H. Joko Widodo melalui Kepala Perpusnas RI yang telah mengalokasikan bantuan dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2022 yang dipergunakan untuk pembangunan gedung fasilitas layanan perpustakaan Kabupaten Rokan Hulu,” jelasnya

Alhamdulillah saat ini sebagai mana kita saksikan bersama-sama sudah berdiri gedung baru fasilitas layanan perpustakaan Kabupaten Rohul dengan megahnya. Harapan kita bersama, perpustakaan ini akan menjadi salah satu sumber bacaan yang baik untuk membangun masyarakat yang berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkualitas,” harap Sukiman

Baca Juga:  H Sukiman Dan H Indra Gunawan Menang Telak Di 25 TPS

Sukiman juga berharap kehadiran gedung baru perpustakaan Kabupaten Rokan Hulu ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat dan sekaligus menjadi tempat lahirnya generasi muda yang enerjik, berkualitas dan memiliki karakter yang lebih baik dalam rangka mewujudkan sumber daya informasi yang unggul untuk Rokan Hulu maju.

Terkait keterbatasan anggaran untuk pelayanan, di hadapan Kepala Perpusnas RI, Bupati Sukiman mengharapkan bantuan untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan Kabupaten Rokan Hulu dan usulan tersebut nantinya akan disampaikan melalui sistem aplikasi krisna ke Perpusnas RI.

Ada satu lagi permintaan kami, yakni tersedianya mobil perpustakaan keliling, mengingat saat ini masih ada beberapa sekolah yang belum dilengkapi perpustakaan. Maka dengan adanya mobil pustaka keliling ini akan mempermudah anak-anak membaca sesuai dengan minat baca masing-masing. Oleh sebab itu besar harapan kami adanya penambahan mobil pustaka keliling di Rohul,” harapnya

Kemudian, Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando mengatakan keberadaan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Kabupaten Rokan Hulu ini sangat penting, karena menyangkut peningkatan indeks literasi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Ia berpesan agar perpustakaan ini dimanfaatkan dengan baik. Kolaborasi Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Daerah secara bersama terus menghadirkan Infrastruktur dan bahan bacaan, baik dalam bentuk digital maupun buku cetak.

Ia pun sangat mengapresiasi komitmen Bupati Rohul H. Sukiman dalam memajukan pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu, khususnya berkomitmen dan berupaya berkoordinasi dengan Pusat dalam membangun Infrastruktur Perpustakaan di Rohul.

“Tentu ini dilakukan Bupati untuk memenuhi pelayanan dasar, dalam mendukung agenda nasional tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Rohul, ” Pungkasnya

Ditempat yang sama, Kadis Perpustakaan dan Arsip Rohul Ir H. M. Ruslan M.Si mengatakan pada prinsipnya Gedung Perpustakaan ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat Rohul. Kedepan nya ia berkomitmen meningkatkan Pelayanan Perpustakaan, baik penambahan buku, Komputer, pustaka digital dan menjemput bola mobil Pustaka Keliling ke Perpusnas RI.

Baca Juga:  H. Sukiman Hadiri Rakornas Pujakusuma di Jakarta

“Untuk meningkatkan minat baca, sesuai pesan pak Kepala Perpusnas tadi, Diharapkan jangan per minggu tapi setiap hari anak sekolah harus ada disini. Oleh karena itu tahun 2024 akan kita upaya mendatangkan mobil Pustaka Keliling,” kata Ruslan didampingi Kabid Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan Dispussip Rohul Sumardi S.Si M.Si.

Diakhir kegiatan, juga digelar Seminar dan Talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat untuk Kesejahteraan Di Kabupaten Rokan Hulu. (MC/Kominfo/Hen/muliarjo)