Beranda ROKAN HULU Bupati Dan Wakil Bupati Komitmen Tanggulangi Pandemi Covid 19 Pulihkan Ekonomi Menuju...

Bupati Dan Wakil Bupati Komitmen Tanggulangi Pandemi Covid 19 Pulihkan Ekonomi Menuju Rohul Maju di Usia 22 Tahun

15
Spread the love

ROHUL, RIAUTERBARU.com – Di Usia 22 Tahun Kabupaten Rohul, Bupati Dan Wakil Bupati Berkomitmen “Tanggulangi Pandemi Covid- 19 Untuk Pulihkan Ekonomi Menuju Rokan Hulu Maju’’

Negeri 1000 Suluk Bertepatan 12 Oktober 2021, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang berjuluk Negeri Seribu Suluk, merayakan hari jadi atau Hari Ulang Tahun (HUT) ke-XXII .Dengan momentum HUT Rohul KE-XXII masih dalam suasana masa pandemi Covid 19, Pemkab Rohul miliki komitmen “Kita Tanggulangi Pandemi Covid- 19, Pulihkan Ekonomi, Menuju Rokan Hulu Maju’’.

Bupati Rohul H.Sukiman Jadi Irup HUT Rohul Ke XXII
Bupati Rohul H.Sukiman Jadi Irup HUT Rohul Ke XXII

Dimomentum setiap 12 Oktober, baik bagi Pemkab dan seluruh masyarakat Negeri Seribu Suluk. Dalam dua momentum penting dihari Jadi ke XXII Kabupaten Rohul jadi catatan penting, karena bertepatan perjalanan 100 Hari Kerja Bupati Rohul H.Sukiman dan Wakil Bupati H.Indra Gunawan, yang menjalankan amanah masyarakat membangun Rohul lima tahun kedepan.

Apalagi, pada 8 Oktober 2021, bertepatan 100 hari kerja Bupati dan Wabup Rohul. Sehingga didua momentum penting tersebut, memiliki keterkaitan erat. pada momentum hari jadi Kabupaten Rohul sebagai evaluasi, intropeksi pembangunan yang telah dilaksanakan, juga yang akan dilaksanakan. Kemudian, pengendali pembangunan dimomen ulang tahun Rohul ke XXII, jadi langkah awal dalam melaksanakan pembangunan dan mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Angka 22 Miliki Filosofis Wujudkan Mimpi Jadi Kenyataan.

Bila dikaitkan dengan filosofis, angka 22 bila dikaitkan maka ada yang berpendapat wujudkan mimpi jadi kenyataan. Dihari jadi ke XXII Kabupaten Rohul juga bersamaan langkah awal kepemimpinan H Sukiman dan H Indra Gunawan sebagai Bupati dan Wabup Rohul terpilih hasil Pilkada Rohul pada 2021.

Hal itu bisa diartikan, sebagai pertanda pembangunam yang sudah dan akan dilaksanakan diberbagai bidang yang semula direncanakan belum maksimal dapat terealisasi 5 tahun kedepan itu bisa diwujudkan.

Satukan Visi-Misi Rohul.

Pemkab Rohul mengajak seluruh elemen dan komponen masyarakat, agar bisa menyatukan tekat dan langkah berbersama serta semangat bersatu guna mewujudkan visi dan misi Kabupaten Rohul.

Bupati Dan Ketua DPRD Rohul Sarapan Bersama Di Rumdis Bupati Rohul

Visi Rohul, yakni agar terwujudnya Kabupaten Rohul lebih maju, serta berdaya saing dalam keragaman adat dan budaya berdasarkan nilai- nilai agama Menuju “Masyarakat Sejahtera”.

Baca Juga:  AWI Rohul Peringati Hari Pers Nasional Ke75 di Parapat Danau Toba

Sedangkan misi yang akan diwujudkan , kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) cerdas, sehat yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Lalu mewujudkan pembangunan dan pengembangan ekonomi produktif, kreatif dan berdaya saing berbasis kerakyatan dan mendorong berkembangnya investasi juga pariwisata di Rohul.

Kemudian mewujudkan ketersediaan infrastruktur berimbang, dengan “Membangun Desa Menata Kota” secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Selanjutnya wujudkan kehidupan masyarakat harmonis, aman dan tentram berlandaskan adat dan budaya juga agama yang berbeda.

Kemydian, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan efektif melalui pelayanan publik yang terpercaya, akuntabel dan transparan.

Pembangunan Merata dan Terbuka Lapangan Kerja.

Dimomentum HUT Rohul ke XXII, Bupati Rohul H.Sukiman mengaku, bahwa visi yang akan dicapai agar Rohul Lebih Maju sesuai keinginan para tokoh pendiri kabupaten Rohulm Sehingga bisa diartikan, Kabupaten Rohul melaksanakan pembangunan dengan keinginan bersama wujudkan masa depan lebih baik dengan meningkatnya ekonomi dan daya beli masyarakat, serta pembangunan infrastruktur dasar.

Pemerataan pembangunan dan terbukanya lapangan kerja, memiliki SDM unggul, meningkatnya mutu pelayanan kesehatan, memiliki aparatur pemerintahan handal, berkualitas juga menguasai teknologi.Selain itu mempunyai watak dan kepribadian berdasarkan norma budaya luhur dan nilai nilai keagamaan bermuara meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Termasuk berdaya saing, diartikan sebagai keadaan Kabupaten Rohul yang mampu dan sanggup mengoptimalkan potensi yang dimiliki, baik ekonomi, SDA, SDM serta mampu bekerjasama dengan pihak lain dengan saling menguntungkan seszuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan berwawasan Lingkungan.

Keragaman adat dan budaya, juga diartikan Kabupaten Rohul memiliki adat serta budaya berbeda-beda. Apabila potensi tersebut dikembangkan dengan baik dan optimal, maka akan jadi modal pelaksanaan pembangunan ditandai kehidupan msyarakat harmonis, memikili watak dan kepribadian sesuai nilai-nilai budi pekerti dan budaya luhur, hidup rukun, damai, berdasarkan etika, moral juga agama dan hukum Negara.

Baca Juga:  PTPN V Sei Rokan Diduga Membuka Tambang Galian C Ilegal
Wujudkan Kerukunan Beragama yang Baik.

Bupati Sukiman berharap, di bawah kepimpinannya dapat wujudjan kerukunan kehidupan beragama yang baik, juga meningkatnya peran lembaga dalam pembangunan daerah.

Masyarakat sejahtera, maka dapat diartikan sebagai masyarakat Rohul yang terpenuhi kebutuhan dasarnya dengan layak dan baik, dalam susana kehidupan aman, tentram serta damai.

Upaya tingkatkan kualitas SDM cerdas dan sehat, dibidang pendidikan dan kesehatan harus jadi prioritas utama dikembangkan dan dibangun. Selain pembangunan bidang kesehatan dan pendidikan terjamin merata di Rohul dengan tetap perhatikan kebutuhan tempatan yang disesuikan standar pelayanan minimal.

‘’Kita komitmen terkait dibidang pembangunan pendidikan juga kesehatan, nantinya difokuskan guna mewujudkan pendidikan dan pelayanan kesehatan bermutu,’’ ucapnya.

Misi kedua Bupati Sukiman, wujudkan pembangunan juga pengembangan ekonomi produktif, kreatif dan berdaya saing berbasis kerakyatan dan mendorong berkembangnya investasi serta pariwisata daerah.

Pada bidang pembangunan dan pengembangan ekonomi daerah berbasis bersumber daya lokal dengan berorientasi sektor pertanian serta perkebunan, sehingga hasil atau produk turunannya mendukung pengembangan agrobisnis, agro industri juga pariwisata daerah.

‘’Dengan Covid- 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia khususnya Rohul, kini berpengaruhi kondisi prekonomian. Maka perlu upaya dan usaha signifikan dalam mempertahankan prekonomian daerah dan meningkatannya,’’ harapnya.

Ketersediaan Infrastruktur Berimbang
Misi yang akan diwujudkan tambah Bupati Sukiman, dengan ketersediaan infrastruktur berimbang dengan slogan “Membangun Desa Menata Kota” secara berkelanjutan berwawasan lingkungan. Pemkab dalam pembangunan infrastruktur prinsipnya masih dibutuhkan baik di pedesaan juga diperkotaan, namun diprioritaskan pada wilayah pedesaan tanpa abaikan perkotaan.

‘’Dengan ketersediaan infrastruktur berimbang dan merata di Rohul yang telah dilaksanakan, msih perlu dilanjutkan dengan semboyan Membangun Desa Menata Kota yang berwawasan lingkungn, keterlibatan seluruh komponen dalam pembangunan, baik pemerintah Pusat, Provinsi Riau dan daerah pihak swasta dn partisipasi masyarakat secara luas,’’ Janjinya.

Dengan kondisi prekonomian bukan saja daerah, juga nasional dampak pandemik Covid- 19, sehingga berpengaruh terhadap pelaksanaan pembangunan.
Sehingga langkah yang akan dilakukan Pemkab Rohul sebut Bupati Sukiman, melanjutkan percepatan pembangunan dan peningkatan jalan strategis dan jembatan penghubung dukung lintas ekonomi dan perdagangan hasil produksi masyarakat serta destinasi wisata.

Baca Juga:  Polsek Tambusai Utara Terjun Ke TKP Bocah 7 Tahun Tenggelam di Kolam Milik Kades
Paripurna Istimewa HUT Rohul Ke XXII

Juga melanjutkaan pembangunan dan perbaikan SDA irigasi, mendukung kebutuhan pertanian, penataan wilayah pemukiman serta perumahan sesuai RTRW Kabupaten Rohul secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, pengelolaan SDA yang baik dan komprehensif serta melanjutkan. Pemenuhan kebutuhan dasar air bersih bertahap dan berkelanjutan bagi masyarakat sebagai pencegah banir di musim hujan dan kekeringan di musim kemarau.

Wujudkan keharmonisan, keamanan dan ketentraman dengan jalan memfasilitasi masyarakat agar dapat melaksanakan ajaran agamanya masing-masing, kembangkan adat budaya, sesui dengan etniknya. Sehingga diharapkan bisa terwujud kerukunan hidup, terciptanya lingkungan aman dan tentram dalam kehidupan masyarakat yang harmonis ditengah adat, budaya dan agama yang berbeda.

Selain iti, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan efektif melalui pelayanan publik yang terpercaya, akuntabel dan transparan. Bahwasanya peningkatan pelayanan publik Kabupaten Rohul kedepan dilakukan dengan peningkatan kualitas aparatur pemerintah yang mempunyai komitmen tinggi untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada msyarakat, mempunyai disiplin kerja, loyalitas dan bertanggungjawab serta dapat dipercaya dengan tugas yang di emban.

Photo Bersama Di Depan Kantor Bupati Rokan Hulu

Aaratur pemerintah agar berikan pelayanan ke masyarakat dituntut transparan, sesuai perkembangan teknologi dewasa ini. Dengan sarana prasarana teknologi informasi yang mendukung pelayanan publik perlu ditingkatkan, agar mampu dan sesuai kebutuhan yabg diharapkan agar menghasilkan inovasi dan kreatifitas dalam melaksanakan pekerjaan, guna mewujudkan Tata Kelola Pemerintah Kabupaten Rohul yang baik dan bersih serta pelayanan publik yang berkualitas.

Dengan visi dan misi yang dibingkai motto Membangun Desa Menata Kota, untuk Rokan Hulu Maju, Bupati Sukiman berharap bersinergi semua piha, baik pemerintah daerah, masyarakat juga pihak swasta dalam satukan tekad dan langkah bersama.

‘’Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Rohul, mengucapkan Hari Jadi ke XXII Kabupaten Rohul. Kami berharap, apa yang kita cita-citakan diberikan pertolongan dan ridho Allah SWT dan dapat diwujudkan,” harap Bupati Sukiman.

(Adv Khusus/ Diskominfo Rokan Hulu,Muliarjo)